Kamis, 09 Oktober 2014

LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA SISWA SMA TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Hello guys! Beberapa hari ini gue nggak muncul. Tapi jangan khawatir, gue punya alesan kenapa gue nggak muncul kok. Jadi, dari hari Selasa gue dikirim ke Semarang sama sekolah gue buat ikut Lomba Debat Bahasa Indonesia Siswa SMA tingkat Provinsi Jawa Tengah (Gue dikirim beserta 2 kakak kelas gue). Nah disana itu kayak di karantina (alay) nggak sih, cuma intinya dikasih kamar buat nginep selama 2 malem. Bisa dibayangin betapa ribetnya acara ini.

Tapi, walaupun ribet dan cape gue punya banyak pengalaman menarik selama acara ini berlangsung. Dari mulai lawan SMA 2 Kudus dan sekolah gue menang, dapet banyak kenalan baru, liat sesosok siswa dari SMA 1 Pati yang pinternya luar biasa (sampe dapet beasiswa dari Kemendikbud) namanya Ilham Dary Athallah, jadi moderatornya SMA 1 Pati vs SMA 1 Wiradesa (gue seneng banget, soalnya gue bisa liat cara anak pinter berdebat), bolak-balik tiap dengerin pengumuman, sampe finalnya deg-degan pas liat pertandingan SMA 1 Pemalang vs SMA 1 Purbalingga yang pada akhirnya dimenangkan oleh SMA 1 Purbalingga.

Nah, dari serangkaian pengalaman yang gue dapetin, yang paling berkesan itu.... semuanya!. Tapi yang penting banget buat diinget ya ketika juri kasih evaluasi. Disitu gue diajarin banyak hal yang menarik bagaimana cara berdebat dengan baik dan benar. Kesimpulannya, setelah melihat puluhan orang yang pinter berdebat dan punya banyak serangkaian argumen yang kuat, itu buat gue makin semangat buat ikut lomba ini di tahun depan. Dan target gue di tahun depan adalah bisa jadi Best Spiker buat dikirim ke ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat Nasional.

Oke guys! Mungkin cuma itu alesan gue nggak muncul di blog beberapa hari ini. Barangkali diantara kalian ada yang ikut Lomba Debat Bahasa Indonesia Siswa SMA tingkat Provinsi Jawa Tengah gue ucapin salam kenal ^^. Dan yang belum pernah ikut, ajuin diri kalian ke guru pembimbing untuk diikutsertakan, karena pada dasarnya lomba berdebat itu seru!. Asal kalian tau aja, gue awalnya ikut seleksi cuma buat iseng, eh nggak taunya kepilih. Ya gue syukuri aja lah.

Okelah, gue kasih aja nih tips-tips berdebat yang gue ambil berdasarkan pengamatan gue sendiri. Let's Check It!

1. Gunakan bahasa yang formal
2. Perhatikan intonasi dalam setiap perkataan
3. Jangan lupa untuk sering melakukan kontak mata terhadap para audience
4. Siapkan argumen yang kuat untuk menjatuhkan argumen lawan
5. Untuk tim Proposisi, usahakan memberi limitasi (batasan-batasan topik perdebatan) dalam ruang lingkup yang menguntungkan tim sendiri
6. Teks yang dibawa ketika maju berdebat usahakan hanya dilihat satu atau dua kali saja, sehingga hal ini akan membuat juri yakin jika anda menguasai materi yang di perdebatkan
7. Cari apa saja kesalahan lawan dan berikan sanggahan dalam konteks kalimat yang bisa membuat tim lawan terpojokan.
8. Jaga etika ketika berbicara, karena sikap juga menentukan penilaian juri.
9. Jangan bicara terlalu cepat
10. Gunakan diksi (pilihan kata) yang tepat.

Oke, mungkin itu aja tips berdebat dari gue, mungkin lain waktu bisa gue tambahin. Karena gue juga bukan pakar debat, jadi tips itu gue ambil dari pengalaman gue. Selamat berdebat eh maksud gue selamat membaca ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;